Cari Tahu Semuanya

Kulit Wajah Terkena Dermatitis Atopik, Apa yang Harus Dilakukan?

Bagi seorang wanita, mengenali tipe kulit wajah dengan baik penting dilakukan untuk mengetahui perawatan yang dibutuhkan oleh wajah. Lalu perawatan wajah apa yang harus Anda lakukan saat kulit terkena dermatitis atopik?

Dermatitis atopik adalah kondisi yang membuat kulit menjadi merah, bersisik, dan gatal. Ini dapat muncul di beberapa tempat di tubuh Anda, dan jenis yang berbeda dapat menyebabkan gejala yang berbeda. Jika ada di wajah Anda, itu bisa menyebabkan bercak merah, benjolan kecil, dan kulit mengelupas. Jika Anda menggaruk terlalu banyak, kulit Anda bisa menjadi lebih gelap, lebih tebal, dan terinfeksi.

Dokter tidak tahu persis apa yang menyebabkan dermatitis atopik, tetapi menurut mereka banyak orang yang dilahirkan dengan kecenderungan untuk mengalaminya.

Rekomendasi Perawatan di Rumah

  • Melembabkan

Cara terbaik untuk menjaga kulit Anda dari kekeringan adalah dengan krim bukan dengan lotion yang lebih tipis. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah tepat setelah Anda mencuci muka. Jika salep terlalu berminyak untuk wajah Anda, coba gunakan hanya di malam hari.

  • Bersihkan dengan lembut

Sabun dapat mengiritasi kulit Anda, tetapi membasuh dengan air saja mungkin tidak cukup, terutama jika wajah Anda berminyak. Gunakan pembersih lembut non-sabun sebagai gantinya.

  • Perhatikan suhu dan kelembapannya.

Gunakan hanya air dingin – bukan air panas – di wajah Anda, dan sesedikit mungkin. Jauhi tempat-tempat yang terlalu panas atau aktivitas yang membuat Anda berkeringat. Mereka bisa membuatmu gatal. Udara yang terlalu kering atau terlalu lembap juga dapat mengiritasi dermatitis atopik Anda.

  • Pertimbangkan sinar matahari.

Beberapa orang dermatitis atopik menjadi lebih buruk di bawah sinar matahari, sementara yang lain sebaliknya.

  • Pastikan untuk memperbaiki gaya hidup Anda

Mulai dari makanan harian yang dikonsumsi, pola tidur, dan konsumsi cairan seperti air putih ataupun jus buah. Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap atau krim yang cocok dengan kondisi kulitmu.

Nah, untuk mengatasi gatal di wajah karena dermatitis atopik, Anda dapat menggunakan Atopiclair cream lho! Atopiclair cream cocok meredakan gejala dengan cepat untuk lesi yang terlokalisir atau area kecil. Atopiclair cream memiliki konsistensi lebih pekat sehingga cocok pada saat terjadi kekambuhan.

Atopiclair adalah rangkaian cream dan losion non-steroid yang diformulasikan khusus untuk penderita dermatitis atopik. Terbuat dari bahan alami seperti ekstrak biji anggur dan shea butter, Atopiclair aman digunakan dalam jangka panjang. Atopiclair bisa langsung didapatkan di berbagai apotek dan toko obat lainnya.

Atopiclair lotion sifatnya untuk maintenance dan memberikan proteksi pada area yang lebih luas. Lotion ini memiliki konsistensi lebih cair sehingga cocok digunakan pada saat remisi untuk mengurangi kekambuhan. Keduanya dapat digunakan di seluruh tubuh dan dapat dikombinasikan dengan preparat topikal lainnya yang diresepkan dokter.

Atopiclair friends bisa membelinya di berbagai apotek Kimia Farma, K-24, Century ataupun apotek lainnya dan Rumah Sakit. Serta terlah tersedia pula di Menarini Official Store di e-commerce terkemuka Indonesia meliputi Shopee, Tokopedia, Lazada dan Blibli.

Tetap jaga kesehatan kulit dengan Atopiclair ya, Atopiclair friends!

 

Sumber:

Sumber jurnal meliputi:

  • DermNet New Zealand: “Seborrhoeic dermatitis.”
  • Mayo Clinic: “Atopic dermatitis (eczema).”
  • National Eczema Association: “Eczema Causes and Triggers.”
  • National Health Service (UK): “Atopic eczema – Treatment.”
  • UpToDate: “Patient education: Atopic dermatitis (eczema) (Beyond the Basics),” “Treatment of atopic dermatitis (eczema),” “Management of severe refractory atopic dermatitis (eczema).”
  • National Eczema Society (UK): “Adult Seborrhoeic,” “Topical Calcineurin Inhibitors (TCIs),” “Facial eczema.”
  • MedlinePlus: “Atopic dermatitis.”