Cari Tahu Semuanya

Kulit Dermatitis Atopik Pakai Make-Up, Bolehkah?

Dermatitis atopik dapat mempengaruhi kulit di berbagai area tubuh, termasuk leher, tangan, wajah, dan kelopak mata. Karena dermatitis atopik menyebabkan kerusakan pada pelindung kulit, menimbulkan retakan atau bukaan di lapisan luar kulit, maka dapat menjadi sensitif terhadap zat tertentu, termasuk kosmetik. Make-up atau pelembab lainnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif di wajah atau menyebabkan rasa terbakar, perih, dan memburuknya gejala dermatitis atopik.[1] Jadi bagaimana agar penderita dermatitis atopik tetap dapat menggunakan make-up?

  • Bahan apa yang harus Anda hindari

Saat memilih produk make-up yang akan Anda pakai untuk kulit, sebaiknya hindari produk yang memiliki tambahan pewangi dan pengawet. Pengawet seperti butylparaben atau methylparaben dapat menyebabkan peradangan dan iritasi kulit tambahan. Mencari produk yang mengandung minyak seperti minyak nimba, pengawet alami bisa menjadi alternatif yang baik.

Jika produk mengandung asam salisilat atau glikolat, ini adalah bahan yang dapat mengeringkan kulit dan kulit kering seringkali menjadi pemicu flareup. Produk yang berlabel hipoalergenik dan atau baik untuk kulit sensitif juga dapat membantu untuk digunakan karena cenderung memiliki bahan yang terbatas. Menguji riasan pada sebagian kecil kulit sebelum dioleskan ke wajah bisa menjadi cara yang baik untuk mengukur apakah produk tersebut mengiritasi kulit atau tidak.

  • Menggunakan pelembab sebagai lapisan dasar

Menerapkan lapisan dasar merupakan langkah penting dalam merias wajah. Bagi mereka yang mengalami dermatitis atopik atau eksim, lapisan dasar yang memiliki pelembab berkualitas adalah kuncinya. Sama seperti Anda membaca bahan untuk riasan yang Anda beli, membaca bahan untuk pelembab Anda juga merupakan kuncinya. Produk yang mengandung shea butter atau ceramide bagus karena memberikan sifat pelembab.

  • Asam hialuronat dan SPF

Sementara kita berbicara tentang asam salisilat dan glikolat yang mengeringkan kulit, ada pelembab dengan asam hialuronat, yang sebenarnya menahan kelembapan pada kulit tanpa menyebabkan iritasi. Jika Anda diberi resep obat topikal untuk dermatitis atopik atau eksim di wajah Anda, ini akan menjadi sesuatu yang akan Anda terapkan sebelum menggunakan riasan apa pun. Memiliki SPF adalah bahan lain yang Anda inginkan di basis Anda, tidak peduli sepanjang tahun (musim dingin, musim semi, musim panas atau musim gugur) kulit Anda selalu butuh memiliki perlindungan dari sinar matahari yang berbahaya.[2]

 

  • Aplikasikan riasan dengan jari dibanding kuas

Meskipun Anda melihat banyak kuas dengan berbagai ukuran dan bentuk yang dijual bersama dengan produk kosmetik, dalam hal merias wajah saat Anda menderita dermatitis atopik, ternyata jari-jari Anda adalah teman Anda. Menerapkan riasan dengan jari bersih, bukan kuas dapat membuat perbedaan besar. Sikat sering kali mengandung bakteri tersembunyi, meskipun Anda membersihkannya secara teratur. Mengoleskan riasan alih-alih mengoleskan atau mengolesi juga merupakan cara yang baik untuk tidak semakin mengiritasi kulit. Kulit yang teriritasi kemungkinan akan memanas jika Anda menyebarkan riasan dan bakteri di atasnya, jadi cuci tangan dengan saksama dan gunakan jari Anda untuk merias wajah ke kulit yang baru dibersihkan dan dilembabkan.

Nah, untuk mengatasi ataupun merawat kulit Dermatitis Atopik, kami sangat merekomendasikan rangkaian produk Atopiclair. Atopiclair adalah cream dan losion non-steroid yang diformulasikan khusus untuk penderita dermatitis atopik ini sejak lama telah direkomendasikan oleh para ahli kesehatan di Dunia. Terbuat dari bahan alami seperti ekstrak biji anggur dan shea butter, Atopiclair aman digunakan dalam jangka panjang dan dapat digunakan di area manapun di tubuh yang terkena gejala dermatitis atopik, termasuk wajah.

Atopiclair cream cocok meredakan gejala dengan cepat untuk lesi yang terlokalisir atau area kecil. Atopiclair cream memiliki konsistensi lebih pekat sehingga cocok pada saat terjadi kekambuhan. Sedangkan Atopiclair lotion sifatnya untuk maintenance dan memberikan proteksi pada area yang lebih luas. Lotion ini memiliki konsistensi lebih cair sehingga cocok digunakan pada saat remisi untuk mengurangi kekambuhan. Keduanya dapat digunakan di seluruh tubuh dan dapat dikombinasikan dengan preparat topikal lainnya yang diresepkan dokter.

Atopiclair friends bisa membelinya di berbagai apotek Kimia Farma, K-24, Century ataupun apotek lainnya dan Rumah Sakit. Serta terlah tersedia pula di Menarini Official Store di e-commerce terkemuka Indonesia meliputi Shopee, Tokopedia, Lazada dan Blibli.

Tetap jaga kesehatan kulit dengan Atopiclair ya, Atopiclair friends!

 

Sumber:

[1] Atopicdermatitis.net: https://atopicdermatitis.net/living/makeup-tips/

[2] Kumar, Pramod, Patch Testing in Suspected Allergic Contact Dermatitis to Cosmectis, September 2014 Dermatology Research and Practice2014:695387 DOI: 10.1155/2014/695387 https://www.researchgate.net/publication/266627102_Patch_Testing_in_Suspected_Allergic_Contact_Dermatitis_to_Cosmetics