Cari Tahu Semuanya

Eksim Susu, Benarkah Karena ASI?

Ketika muncul ruam-ruam merah di bagian pipi pada si Kecil yang menyusu ASI, banyak yang menganggap bahwa hal tersebut disebabkan karena si Kecil terkena cipratan ASI. Sehingga ruam merah yang muncul di kedua bagian pipi sering dikenal sebagai eksim susu.

Sebenarnya, apa sih eksim susu tersebut? Benarkah karena disebabkan oleh ASI yang terciprat ke pipi si Kecil?

Ternyata sama sekali bukan, lho. Apa yang selama ini kita kenal sebagai eksim susu merupakan ciri dari Dermatitis Atopik atau eksim, yaitu suatu penyakit radang kulit yang sering berulang. Penyakit Dermatitis Atopik ini umumnya disebabkan karena faktor keturunan. 60-70% penderita Dermatitis Atopik lahir dari orang tua yang juga memiliki Dermatitis Atopik, Asma ataupun Rhinitis Alergi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Dermatitis Atopik ini merupakan penyakit keturunan. Karena penyakit keturunan, Dermatitis Atopik tidak dapat disembuhkan secara sempurna. Namun bisa kita cegah kekambuhannya dengan menghindari berbagai faktor pemicunya, misalnya: makanan (ikan, udang, telur, kacang-kacangan, seafood), deterjen, pewangi, cuaca panas, serbuk sari, rumput, debu, kulit yang terlalu kering dan lain-lain.

Kembali kepada eksim susu, tidak seperti yang disangka kebanyakan orang selama ini, kondisi tersebut bukan disebabkan karena si Kecil terkena cipratan ASI. Namun karena Ibu menyusui mengonsumsi makanan yang dapat memicu reaksi alergi si Kecil. Akibatnya muncul lah ruam merah di pipi. Biasanya tidak hanya muncul di kedua bagian pipi, tapi juga di berbagai lipatan tubuh, seperti lengan, siku dan lain-lain.

Nah untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya Ibu yang menyusui juga lebih selektif dalam mengonsumsi beragai makanan agar tidak memicu alergi si Kecil ☺

 

Ref :

  1. Adkis CA, Akdis M, Bieber T et al. Diagnosis and treatment of atopic dermatitis in children and adults: European Academy of Allergology and Clinical Immunology/American Academy